Sejarah

SMA Negeri 1 Nglames Kabupaten Madiun berdiri berdasarkan Sk Mendikbud RI N0. 1743 / 1983, tanggal 9 November 1983. Pada tahun pertama pengelolaan sekolah di bawah naungan SMA Negeri 1 Mejayan / Caruban dan menempati ruangan sementara di SD Negeri 1 Tiron, Nglames Kabupaten Madiun.

Berdirinya SMA Negeri 1 Nglames Kabupaten Madiun yang ada di wilayah Madiun bagian utara ini , dilatar belakangi kondisi masyarakat setempat, diantaranya :

  1. Terbatasnya Lembaga Pendidikan Tingkat SLTA di wilayah Madiun bagian utara, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta.
  2. Semakin bertambahnya lulusan SLTP di wilayah ini sehingga memerlukan pengembangan lembaga pendidikan tingkat atasnya.
  3. Kebutuhan terhadap pendidikan yang lebih tinggi pada masyarakat di wilayah ini yang semakin meningkat, sehingga perlu didukung.

Dari kondisi tersebut di atas dan sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional kita mencerdaskan kehidupan berbangsa, maka berdiri SMA Negeri 1 Nglames Kab. Madiun ini. Perkembangan SMA Negeri 1 Nglames Kabupaten Madiun selanjutnya ditentukan oleh para pemimpin sekolah ini yang sudah dimulai dari pengelola pertama Bpk. Soesanto, B.A (Alm) sebagai pemimpin sementara sampai sekarang dibawah pimpinan Drs. NYONO, M.Pd. Beberapa keberhasilan yang dicapai mulai dari kepala sekolah pertama sampai dengan yang terakhir baik berupa fisik maupun Non fisik sebagai berikut :

  1. Bapak Drs. Sugiono (1984 – 1986).
    Program yang berhasil dilaksanakan adalah pembangunan 3 ruang kelas (lokal utara), ketertiban, pembangunan pagar depan.
  2. Bapak Martadji (1986 – 1988).
    Program yang berhasil dilaksanakan adalah pembangunan tempat sepeda, pagar sekolah bagian selatan.
  3. Bapak Soesanto, B.A. (1988-1992).
    Program yang dilaksanakan adalah pembanguna 3 ruang kelas juga berfungsi untuk aula, pembangunan masjid dan pagar samping tempat sepeda.
  4. Bapak Drs. Mayangkara (1992 – 1994).
    Program yang berhasil dilaksanakan adalah pembangunan 3 ruang kelas (paling selatan), pagar sebelah timur, ruang ganti pakaian olah raga, ruang OSIS.
  5. Bapak Mudjiman, B.A. (1994 -1996).
    Program yang berhasil dilaksanakan adalah pembangunan gapura sekolah, pagar dalam, perluasan tempat sepeda, rehap pagar luar, lapangan basket, dan ruang guru.
  6. Bapak Moegijono, B.A. (1996 – 1998).
    Program yang berhasil dilaksanakan adalah perluasan ruang guru, pemasangan plafon ruang kelas, pengadaan komputer dan rak perpustakaan.
  7. Bapak Moeljono, B.A. (1998 – 1999)
    Program yang berhasil dilaksanakan adalah pengadaan langit-langit kelas, pengadaan komputer, dan kamar mandi WC ruang kepala sekolah.
  8. Bapak Soeherto H K (1999 – 2000)
    Program yang berhasil dilaksanakan adalah penyanbungan bangunan perpustakaan, kantor dan Lab IPA, perbaikan papan nama sekolah, pengadaan rak dan kursi perpusakaan.
  9. Bapak Drs. Soemardi, M.Pd. (2000 – 2003)
    Program yang berhasil dilaksanakan adalah pengadaan Lab komputer dengan 20 unit komputer, pengadaan televisi beserta CD dan VCD player 2 untit, pembangunan ruang satpam, perbaikan rak ruang dalam.
  10. Bapak Moehadi, S.Pd. (2003 -2004)
    Program yang berhasil dilaksanakan adalah paving tempat sepeda guru karyawan, pembangunan 1 ruang kelas, pengadaan 5 unit komputer, rehap kantor, pengadaan 1 unit televisi.
  11. Bapak Drs. Sugeng Amipradono, M.Pd. (2004 – 2007)
    Program yang berhasil dilaksanakan adalah pengadaan ruang multimedia beserta perlengkapanya, pengadaan 1 ruang kelas, pengadaan 10 unit komputer, penambahan almari kaca perpustakaan, paving lapangan upacara, perluasan pembangunan masjid Al-Hidayah SMAN 1 Nglames, memantapkan perwujudan visi sekolah hingga mendapat julukan SEKOLAH BERBASIS RELIGIUS.
  12. Bapak Drs. NYONO, M.Pd. (2007 – sekarang)
    Program yang berhasil dilaksanakan adalah menyelengarakan Bimbingan Belajar Intensif (BBI) untuk semua siswa paving depan kantor keseluruhan, paving depan Masjid Al-Hidayah, Pembangunan MCK siswa Bagian Selatan, pengadaan ruang BP-BK, pembangunan Green Hous, pengadaan pot beserta bunga depan semua ruang dan di halaman depan sekolah, memjadikan SMA N 1 Nglames dalam kategori Sekolah Standar Nasional.

Hingga saat ini prestasi yang diperoleh siswa-siswi SMAN 1 Nglames Kab. Madiun telah mencapai tingkat regional, maupun nasional di bidang Intra maupun extra kurikuler.

Demikian sekilas tentang sejarah SMAN 1 Nglames Kabupaten Madiun, semoga bermanfaat untuk semua pihak dan peran aktif sesuai bidang masing-masing dalam mewujudkan manusia-manusia Indonesia yang cerdas dan mampu membangun dirinya sendiri dan bersama membangun bangsanya.