Di masa pandemi Covid-19 ibu-ibu dharma wanita SMAN 1 Nglames kab. Madiun tidak mau ketinggalan dengan tetap melakukan kreatifitas kegiatan yang produktif. Kita tahu bahwa beberapa jenis produk yang lagi tren di era pandemi ini seperti masker, handsanitizer, alkohol, desinfektan, face shield, dll. Diantara produk yang diproduksi oleh ibu-ibu dharma wanita SMAN 1 Nglames Kab. Madiun adalah membuat handsanitizer alami dari lidah buaya (Aloevera Sp).

Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan handsanitizer alami Aloevera adalah lidah buaya 1 kg (dibuat pasta), ragi tape 1 ons, esence 10 cc, pewarna alami 5 gr (ekstrak daun suji), garam dapur 500 gr dan air 10 ltr.

Proses pembuatan handsanitizer alami Aloevera :

Cara 1 :

Aloevera dicuci bersih, lalu dimasukkan ke air mendidih selama 10 menit, lalu ditiriskan, kemudian dikupas untuk diambil dagingnya saja dan dipotong-potong . Ditambahkan ragi lalu diblender.

Selanjutnya disimpan didalam suatu wadah yang gelap dan tertutup rapat kemudian disimpan selama 3 hari 3 malam.

Pasta Aloevera sudah jadi siap digunakan . Jika berbau tidak enak berarti terjadi kontaminasi , namun jika tidak berbau berarti hasilnya bagus dan siap digunakan.

Cara 2:

Pasta Aloevera dan seluruh bahan dimasukkan wadah dengan ditambahkan air sedikit demi sedikit dengan diaduk terus satu arah hingga air habis 10 liter, selanjutnya handsanitizer siap digunakan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *