Lingkungan sekolah merupakan suatu  wadah  belajar dan  pembentukan karakter siswa yang merupakan generasi penerus bangsa. Sekolah merupakan wadah untuk mengembangkan berbagai aspek, menyangkut pengembangan  kognitif, afektif dan psikomotor sebagai bekal dalam  menghadapi tantangan  zaman. Salah  satu  karakter yang harus dimiliki siswa adalah kepedulian dan kecintaan  terhadap lingkungan. Karakter tersebut salah  satunya dapat diwujudkan melalaui program adiwiyata. SMAN 1 Nglames merupakan sekolah Adiwiyata. Salah  satu upaya sekolah dalam mendukung program adiwiyata adalah membangun green house. Green house merupakan bangunan yang dibangun menggunakan bahan dari kaca atau plastik atau fiber yang tebal menutupi seluruh permukaan  kerangka bangunan yang dapat ditembus cahaya. Green house sering disebut rumah kaca. Green house pada umumnya digunakan untuk memanipulasi kondisi lingkungan agar tanaman di dalamnya dapat tumbuh dan berkembang maksimal.

            Green house SMAN 1 Nglames berada di halaman belakang, dekat dengan lapangan upacara. Di dalam green house terdapat beberapa jenis tanaman, antara lain: Tanaman hias terutama anggrek yang digantung di tepi-tepi atap dan  tanaman  hias lainnya, tanaman sayur (sawi, bayam, kangkung, selada) yang ditanam dengan sistem hidroponik, cabe, terong, kucai, ketela jepang, dan lain-lain. Selain itu di luar green house juga di tanami beberapa jenis buah-buahan yang ditanam dengan sistem tabulampot antara lain: jambu air, jeruk, sawo, kelengkengkeng dan lain-lain. Perawatan greenhouse di SMAN 1 Nglames melibatkan beberapa komponen yaitu siswa, pramu dan guru mata pelajaran khususnya Biologi, PKWu, kepramukaan dan PLH secara bergiliran.

Keberadaan greenhouse di SMAN 1 Nglames dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran khususnya bagi pelajaran biologi, PKWu dan PLH. Pada pelajaran biologi green house dapat digunakan sebagai media pembelajaran materi keanekaragaman hayati, kingdom plantae, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, perkembangbiakan tumbuhan dan lain-lain. Pada Pelajaran PKWu green house dapat digunakan sebagai media pembelajaran bidang budidaya tumbuhan mulai dari pembibitan, pertumbuhan, promosi sampai menjual produknya meskipun masih pada kalangan intern sekolah. Hal ini dapat melatih dan membekali siswa untuk berwirausaha di bidang pangan dan pertanian. Sedangkan pada pelajaran PLH green house dapat digunakan sebagai sarana praktikum  perkembiakan tumbuhan, dan mengajak para siswa untuk mengenali, mencintai dan melestarikan lingkungan.

Begitu pentingnya greenhouse bagi sekolah maka marilah kita rawat greenhouse dan lingkungan sekolah pada umumnya agar tercipta lingkungan sekolah yang ideal yaitu yang mampu menciptakan suasana aman, nyaman, rapi asri dan kondusif yang dapat memperlancar proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *